Wednesday 13 February 2013

PENGERTIAN DAN SEJARAH ANIME(ANIMASI)

ANIME. Animasi khas Jepang dengan gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, untuk beragam jenis penonton. ‘Anime’ merupakan kata serapan dari bahasa Inggris animation. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang. Pembuat anime disebut animator. Para animator itu bekerja di sebuah perusahaan media untuk memproduksi sebuah anime. Di dalam perusahaan itu, terdapat beberapa animator yang saling bekerja sama untuk menghasilkan sebuah anime yang berkualitas.

Sejarah anime dimulai tahun 1900-an, namun anime pertama yang memperoleh popularitas adalah Astro Boy karya Ozamu Tezuka (1963). Sekarang, anime sudah sangat berkembang, dengan grafik dan alur cerita yang lebih menarik. Teknologi CG (Computer Graphics) telah mempermudah pembuatan anime, sehingga ada yang menganggap bahwa kualitas artistiknya lebih rendah dibandingkan anime masa lalu. Masyarakat Jepang gemar menonton anime dan membaca manga, sehingga beberapa televisi kabel seperti Cartoon Network dan Nickelodeon mengekspor kartunnya. Sekarang, anime menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan bagi banyak orang. Contoh anime modern adalah karya sutradara Hayao Miyazaki's Princess Mononoke (1997), Spirited Away (2001), dan Howl's Moving Castle (2004).

Catatan:

Definisi istilah tersebut di atas dikutip dari Kamus Istilah Televisi dan Film. Kamus ini adalah karya langka. Kita tahu, di Indonesia sudah berdiri beberapa lembaga penyiaran televisi profesional dan berbagai perguruan tinggi yang bergerak di bidang televisi dan film, namun sangat sulit mencari buku mengenai istilah-istilah yang biasa digunakan dalam proses produksi televisi maupun film.

Buku karya Ilham Zoebazary ini memuat 2000 lebih entri yang berhubungan erat dengan dunia televisi dan film. Di dalamnya tercakup istilah-istilah yang biasa digunakan dalam proses produksi program televisi dan karya film, juga istilah-istilah teknis operasional di dalam studio televisi, studio editing, penulisan skenario, hingga istilah-istilah yang biasa digunakan para ahli dalam mengkaji televisi dan film. Sebagian besar entri, khususnya yang berhubungan dengan karya film, disertai contoh-contoh dengan menyebutkan judul film, nama sutradara serta tahun pembuatannya.

soblax anax ska

No comments:

Post a Comment